السلامے عليكمے ورحمـﮧ اللّـﮧ وبركاتـﮧ

Saturday, July 30, 2011

Bekerja Dengan Layer Standard

Belakangan ini sebagai Arsitek merangkap Drafter :-) :-) ;-) saya mencoba menerapkan CAD Standard dalam gambar konstruksi yang saya tangani. Disadari atau tidak, semua orang punya standard dalam bekerja. Nah... Mumpung lagi jedah sekalian menuntaskan misi penting dalam rangka meringankan penatan di kepala, :-) mending saya ngopi dulu ke Rumah Pitate untuk berbagi tentang penggunaan CAD Standard khususnya penamaan layer.

Sebenarnya tidak ada aturan baku yang ditetapkan untuk nama layer pada program CAD, namun pengelompokan nama layer seperti ini akan mempermudah kita mengetahui objek itu ada di disiplin mana, itu jenis objek apa, dan detail dari tipe objek itu. Bahkan jika anda memberikan gambar anda pada orang yang tidak menggunakan CAD standard, ia akan lebih mudah menebak gambar mana ada di layer mana. Dan karena penamaannya bersifat standar internasional, orang bule pun akan paham. Sayangnya sampai saat ini di Indonesia IAI (Ikatan Arsitek Indonesia) sebagai Induk organisasi profesi Arsitek kita belum mengeluarkan Standard Layer untuk CAD jadi saya masih menggunakan apa yang ditetapkan AIA (American Institute of Architects): AIA Cad Layer Guidelines, 2nd edition (1997). Penamaan layer standard AIA ini bisa di download disini
Perhatikan bagaimana penamaan layer di AIA. Secara umum, ada tiga kelompok pada nama layer.
  • Disiplin Ilmu. Di awal nama layer, anda akan melihat disiplin ilmu yang menggunakan layer tersebut. A berarti arsitektur, C berarti civil (umumnya civil infrastructure), S berarti Structural dan sebagainya.
  • Di bagian kedua, menunjukkan jenis objek. Nama objek ini terdiri dari 4 huruf. Kalau lebih, ya diringkas. ANNO berarti annotation, DETL berarti detail, DOOR adalah pintu.
  • Bagian ketiga, digunakan untuk memberikan detail lebih jauh tentang jenis objek tersebut. TEXT berarti anotasi berupa teks, SYMB berarti anotasi berupa simbol.
Bagaimana sob, apakah sudah menggunakan CAD standard? Apakah anda tertarik untuk menerapkan CAD Standard, dan merasa bisa memperoleh keuntungan dari penggunaan CAD Standard?

0 komentar:

Post a Comment