السلامے عليكمے ورحمـﮧ اللّـﮧ وبركاتـﮧ

Thursday, October 3, 2013

My Photo Is Being Used Without Permission

Tadi siang saya ada keperluan sedikit untuk mencari data-data guna kepentingan laporan yang sedang dibuat. Singkat cerita buku yang saya cari sampai juga ditangan. Buku dengan judul “Bolaang Mongondow Utara Dalam Angka 2012 (in figures) tertulis dicover depan buku ini hasil kerjasama antara BAPPEDA Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dengan BPS Kabupaten Bolaang Mongondow. Buku dengan sampul biru ini akhirnya ada ditangan saya. Setelah melihat cover buku ini saya menjadi tertarik dengan background cover bukunya, dan foto yang menjadi cover buku ini rasanya sangat familiar… Wadoooowwww… baru nyadar kalo fotoku di bajak… mungkin yang desain cover ngambil fotonya dari blog ini juga... yang pernah saya posting tanggal 17 Juli 2011 dengan judul "Tanjung Dulang

Kasus pencurian foto seperti ini sudah biasa dialami oleh teman-teman fotografer yang lain, tapi sudah biasa bukan berarti itu menjadi satu kebenaran, seperti kata guru ngajiku:
"Mebiasakan yang benar, bukan membenarkan yang biasa"
Mengambil sebuah referensi tanpa menyebutkan sumbernya itu merupakan kebiasaan buruk, mencari jalan pintas tanpa mau berusaha. Ketika sebuah foto dipajang di internet, bukan berarti itu sudah menjadi milik bersama yang penggunaannya bisa sebebas bebasnya. 

Sedikitlah punya hati nurani boss, jangan sembarang comot dan pakai hasilnya tanpa ijin begitu aja…

1 komentar:

Unknown said...

assalamu'alaikum,
kami dari BPS Kab. Bolmong memohon maaf atas kelalaian dan kasalahan kami. kami telah mengirim surel kepada bapak sebagai permintaan maaf kami secara resmi,
sejujurnya foto-foto di blog ini emang kere-keren, tapi apapun itu tidak dapat dijadikan alasan untuk kami menggunakannya tanpa izin. karena pembajakan tetaplah pembajakan dan itu salah.
kami menyadari atas kesalahan kami dan berharap bapak berkenan memaafkan kami.
semoga sukses selalu dalam berkarya.
terima kasih.
stu komen untuk foto-fotonya TOP...

Post a Comment