السلامے عليكمے ورحمـﮧ اللّـﮧ وبركاتـﮧ

Thursday, June 16, 2011

"Jatuh Cinta" Dengan Bonsai

Bonsai bagiku adalah sebuah tanaman yang unik dan selalu memperlihatkan pesonanya. Entah sejak kapan aku “jatuh cinta” pada tanaman ini. :-) Mungkin karena sedari kecil aku senang memperhatikan ibuku yang senang dengan berbagai jenis tanaman. Ibuku akan tampak berbinar saat melihat tanamannya tumbuh dan berkembang dan dengan senang hati setiap pagi melihat satu persatu tanaman tersebut layaknya seorang anak. Dengan telaten dia merawat, dari akar hingga bunganya agar tumbuh dengan sehat.

Aku sendiri mulai menyukai bonsai sejak masa kuliah di Arsitektur, saat itu ada beberapa teman yang sehati dan sejiwa menyukai tanaman bonsai ini. Sayangnya beberapa tahun terakhir ini karena kesibukan diluar kota bonsai-bonsai ku mulai tumbuh liar dan tak terurus
Pagi ini aku mulai bergaul kembali dengan tanaman ini. Peralatan tempur disiapkan, mulai dari gunting, kawat dan perlengkapan lainnya. :-) mungkin karena kangen si beringin yang aku jadikan bonsai sedikit curhat dengan ku… hehehehe… :-) Banyak pelajaran tentang kehidupan yang aku dapat dari berdialog dengan tanaman bonsai ini…

Dalam mempercantik bonsai terkadang kita harus memotong ranting atau batang yang kita anggap sudah tidak harmonis lagi dengan bentuk yang kita inginkan. Sungguh ini merupakan pengambilan keputusan yang tidak mudah, karena terkadang kita menganggap ranting ini dapat mempercantik tanaman bonsai kita dimasa yang akan datang namun seiring dengan berjalannya waktu ternyata ranting ini tumbuh dengan liarnya dan tanpa kita sadari dia justru membuat tanaman kita tidak harmonis lagi dengan bentuk yang kita harapkan. *Mungkin karena kurang perawatan kali yah… :-)

Ternyata untuk membuat si kerdil ini menjadi cantik perlu kesabaran dalam merawatnya dan perlu diperlakukan dengan teknik-teknik tertentu (detraining). Sepintas perlakuan seperti ini terlihat sebagai bentuk penyiksaan terhadap tanaman. Terkadang kita harus memotong batang dan rantingnya, melilit batangnya dengan kawat guna membentuknya, terkadang kita harus memahatnya, Namun setelah proses ini terbentuk, sejalan dengan berjalannya waktu, bonsai ini akan memancarkan kecantikannya. Karena Bonsai merupakan perwujudan sebuah pohon yang utuh, seimbang, indah, dan nampak natural, sebagaimana naturalnya sebatang pohon yang tumbuh liar di alam. Bonsai adalah simbul mengalirnya denyut nadi kehidupan yang penuh dengan ide, kreasi, karya, dan inovasi. Kaya dengan keindahan, estetika, dan keteraturan.

Seperti aku membangun kehidupanku bonsai juga dibangun atas dasar keseimbangan dan harmoni yang memang sudah tersedia di alam raya. Keseimbangan dan harmoni inilah yang membuat sebuah pohon yang dibonsai dapat mempertontonkan keindahannya.

Bonsai dibentuk oleh kreativitas dan dinikmati oleh getaran seni yang tersalur dari pandangan mata.
Senang bisa berdialog dengan tanaman bonsaiku pagi ini, juga beberapa pelajaran tentang kehidupan lewat tanaman bonsai ini. Pada awalnya bonsai memang tidak menawarkan keindahan seperti tamanan bunga lainnya. Namun ada perasaan yang damai saat berada di tengah tanaman yang kita rawat. Saat suasana hati sedang galau, aku tinggal beranjak sedikit memandang hamparan tanaman tersebut untuk mengusir galau. :-)


0 komentar:

Post a Comment