السلامے عليكمے ورحمـﮧ اللّـﮧ وبركاتـﮧ

Monday, March 5, 2012

Tampil Elegan Dengan Bambu

 
Bagi sebagian orang Indonesia bambu sering dipandang sebelah mata. Bambu di anggap material murahan. Bahan bangunan bagi orang yang tidak mampu membeli batu bata, semen, genteng dan lain-lain yang relatif mahal. Orang melihat bahan baku rumah adalah menunjukkan status sosial seseorang dan mungkin gengsi seseorang. Maka hanya orang miskinlah yang dianggap yang mampu membeli bambu dan hanya mampu mewujudkan desain rumah bambu saja.

Ironisnya, para ahli asing berpendapat bahwa bambu merupakan material masa depan yang berpotensi menggantikan kayu karena makin menipisnya hutan tropis yang merupakan penghasil kayu yang utama untuk saat ini. Di tangan para ilmuwan inilah bambu menjadi suatu yang sangat bernilai dan menunjukkan bahwa pemakainya adalah orang yang berfikiran maju. Orang yang mempunyai intelektual tinggi, karena berwawasan lingkungan. Sejumlah riset telah dilakukan untuk mengetahui lebih dalam kegunaan bambu dan mengatasi kelemahan-kelemahannya.

Kemudian dengan mengembangkan bambu, sebenarnya kita juga melestarikan hutan tropis yang menjadi paru-paru dunia, karena berkurangnya penebangan hutan bambu.
Lalu dengan masa tumbuh yang cepat, maka bambu akan mempunyai harga yang relatif murah dibandingkan dengan harga kayu. Kelebihan lain apabila dibuat untuk konstruksi bangunan, bambu terkenal dengan kelenturannya dan beratnya yang ringan sehingga menjadikan konstruksi bangunan yang tahan terhadap gempa.

Tapi khusus untuk bambu kalau kita olah dan kita desain akan menjadi bernilai, bagus dan indah.
Coba lihat arsitektur tradisional Jepang, mereka banyak memakai material bambu. Karena mereka mengerjakan dan mengolah bambu secara tekun dan teliti maka dapat menghasilkan karya-karya yang menakjubkan dan yang sudah pasti adalah karya yang ramah lingkungan. Padahal Jepang adalah negara kecil, tapi mereka bermental besar ...
Nah, Apa kita akan menjadi kebalikan Jepang ?:-)


0 komentar:

Post a Comment